Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Tangerang Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BKSDA Amankan 29 Ekor Satwa Dilindungi Selama 2017

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 03 Januari 2018 - 17:06 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Pos Jaga Sampit mengamankan sebanyak 29 ekor satwa dilindungi selama tahun 2017. Di mana hewan tersebut merupakan hasil reacue dan penyerahan dari warga.

"Ada 29 ekor yang kami amankan, dengan berbagai jenis hewan dilindungi," ujar Komandan BKSDA Pos Sampit Muriansyah, Rabu (3/1/2018).

Satwa yang ditemukan dan diamankan di antaranya adalah orangutan, beruang madu, burung rangkon, owa-owa, kukang, dan buaya.

Selain itu masih ada beberapa hewan langka yang juga diamankan pihak BKSDA. Namun semua hewan tidak hanya diamankan di Kotim saja, tetapi juga Seruyan, Kalimantan Tengah (Kalteng). Karena area tersebut merupakan wilayah hukum mereka.

Muriansyah juga mengatakan bahwa satwa-satwa yang mereka amankan itu selain empat ekor hasil rescue, ada pula yang diserahkan warga sebanyak 25 ekor. Numlah tersebut tidak jauh berbeda di banding tahun 2016 lalu, yakni sebanyak 27 ekor.

"Dilihat dari banyaknya satwa yang diamankan selama dua tahun belakangan. Memperlihatkan jika kesadaran warga untuk tidak memelihara hewan dilindungi mengalami peningkatan dibanding tahun-tahun sebelumnya," kata Muriansyah.

Satwa hasil penyerahan warga tersebut, oleh BKSDA dibawa ke Pangkalan Bun untuk dilakukan rehabilitasi. Sedangakan hasil rescue dibawa ke Suaka Marga Satwa Lamandau. (MUHAMMAD HAMIM/B-5)

Berita Terbaru