Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Melawi Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BKPSDM Lamandau Tegaskan Nasib Tenaga Kontrak Bakal Ditentukan Dalam Waktu Dekat

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 03 Januari 2018 - 17:06 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Menyikapi adanya 'kegalauan' para tenaga honorer Pemkab Lamandau perihal nasib keberlanjutannya di tahun 2018, Plt Kepala Badan Kepegawaian dan Suberdaya Manusia (BKPSDM) Lamandau, Marinus Apau, angkat bicara. Dirinya menegaskan bahwa kepastian tentang keberlanjutan tenaga kontrak Pemkab Lamandau akan segera keluar dalam waktu dekat.

"Terkait keberlanjutan tenaga kontrak atau THL (Tenaga Harian Lepas) pemkab Lamandau di tahun (2018) ini akan segera keluar dalam waktu dekat. Artinya, sembari menunggu kepastian tersebut, kami harap para THL itu tetap bekerja seperti biasa," kata Marinus Apau kepada Borneonews di ruang kerjanya, Rabu (3/1/2017).

Apau juga menjelaskan, belum adanya kepastian terkait keberlanjutan THL di tahun ini disebabkan masih berlangsungnya proses evaluasi dan verifikasi oleh pemkab. Evaluasi dan verifikasi yang dimaksud dilakukan untuk mengetahui hasil kinerjanya selama ini sesuai dengan laporan dari Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD)-nya masing-masing untuk menentukan apakan yang bersangkutan itu diperpanjang atau tidak.

"Termasuk apakah SOPD terkait itu masih memerlukan tenaganya lagi atau tidak. Jika tidak, tentu akan kita geser ke tempat lain yang membutuhkan, dan tentu proses itupun tidak serta merta, melainkan harus melewati penilaian kompetensinya," kata dia.

Ia juga menegaskan, pada dasarnya di bulan Desember 2017 lalu semua SOPD telah diimbau agar kembali meminta para THL tahun 2017 lalu yang bermaksud memperpanjang kerjanya di tahun 2018 untuk memasukkan berkas lamaran barunya. Hal tersebut, kata dia lagi, juga akan menjadi salahsatu bahan evaluasi dan verifikasi dalam menentukan tempat penugasan dan data base-nya.

"Kenapa saya pastikan bahwa hasil verifikasi dan kepastian THL itu akan segera keluar dalam waktu dekat, karena secara proses sudah hampir rampung, saat ini berkasnya tinggal kita ajukan untuk disetujui pak Bupati," tandasnya.

(HENDI NURFALAH/B-8)

Berita Terbaru