Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sumenep Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Seni Budaya Merupakan Pemicu Populernya Objek Wisata

  • Oleh Hardi Sarjito
  • 05 Januari 2018 - 18:10 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun-Seni budaya merupakan pemicu populernya objek wisata di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar). Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) Gusti Imansyah saat ditemui Borneonews di ruang kerjanya, Jumat (5/1/2018).

"Kesenian dan budaya merupakan bagian dari wisata. Untuk mempopulerkan suatu destinasi wisata, kita perlu seni budaya, apalagi saat tamu datang dari luar negeri," kata dia.

Oleh karena itu, lanjut dia, perlu adanya panggung atau sanggar tempat latihan seni budaya ini. Sehingga, seni budaya tetap terjaga dan tidak tergerus oleh zaman.

"Kesenian di Kotawaringin Barat ini sudah populer sampai keluar negeri. Sebab saat wisatawan (mancanegara) datang, mereka disambut dengan seni budaya, ada atraksi dan tarian," terang dia.

Selain itu, menurut dia, faktor penting untuk pengembangan destinasi wisata yakni infrastruktur jalan. Sebab infrastruktur jalan bakal mempengaruhi ramai tidaknya satu destinasi wisata. 

"Jika jalan itu baik dan mulus maka pengunjung akan datang dengan sendirinya. Pariwisata juga terkait dengan perhotelan, kolam renang, restoran dan tempat karaoke. Seperti halnya kolam renang harus ada standar keamanannya bagi pengunjung. Serta untuk restoran juga perlu diperhatikan standar kebersihannya," pungkas dia. (HARDI/B-8)

Berita Terbaru