Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Dompu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Air Sungai Katingan Keruh Akibat Penambangan Liar

  • Oleh Abdul Gofur
  • 05 Januari 2018 - 21:50 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Keruhnya air Sungai Katingan yang sudah terjadi sejak beberapa tahun terakhir ini karena disebabkan aktivitas penambangan secara liar.

Hal ini disampaikan sejumlah petani keramba ikan di Sungai Katingan wilayah Kasongan, Jumat (5/1/2018). "Akibat sungai keruh menyebabkan ikan keramba kita banyak yang mati terutama yang masih berumur satu bulan," sebut Hadi salah seorang pemilik ketamba ikan di Kasongan, Jumat (5/1/2018).

Menurutnya, air Sungai Katingan yang keruh ini disebabkan maraknya aktivitas pembalakan liar terutama di wilayah hulu, seperti Kecamatan Tewang Sanggalang Garinga, Kecamatan Pulau Malan, Kecamatan Katingan Tengah, Sanaman Mantikei, Marikit dan Kecamatan Katingan Hulu.

Pasalnya tidak jarang di Sungai Katingan wilayah tersebut terdapat kegiatan illegal mining.

Akibatnya, air sungai yang mengalir ke bagian hilir menjadi keruh lantararan bercampur lumpur. Sehingga ikan yang dipelihara petani keramba tidak jarang mati mendadak akibat tidak tahan dengan kondisi air keruh ini.

"Kalau air keruh pasti banyak ikan keramba kita yang mati seperti saat sekarang ini," ujar Rahman salah seorang pemilk keramba di Kasongan, Jumat (5/1/2018).

Hal senada diutarakan Hatimi, yang jugs ketua RT di komplek Kampung Banjar Kelurahan Kasongan Lama Kecamatan Katingan Hilir.

"Memang sangat berpengaruh kalau kondisi air sungai keruh, itu berdampak dengan ikan keramba kita yaitu bisa banyak mati," ujar Hatimi yang juga memiliki beberapa keramba ikan. Hatimi juga menduga keruhnya air Sungai Katingan disebabkan karena kegiatan penambangan tampa izin yang beroperasi di Sungai Katingan. (ABDUL GOFUR/B-5)

Berita Terbaru