Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sorong Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Inilah Bencana Melanda Kapuas Selama 2017

  • Oleh Hamdi
  • 06 Januari 2018 - 18:20 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Berdasarkan data yang diberikan Badan Penanggulanagan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kapuas, ada sebanyak 95 kali terjadi bencana. Bencana yang paling mendominasi terjadi yaitu Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla). 

"Karhutla terjadi sebanyak 43 kejadian dibeberapa Kecamatan, yakni di Kecamatan Mantangai, Dadahub dan Kapuas Timur dengan total seluas 420,5 Hektar," kata Kepala BPBD Kabupaten Kapuas Panahatan Sinaga saat dihubungi Borneonews, Sabtu (06/1/2018).

Selama itu, sambungnya, telah dilakukan pemadaman sebanyak 15 kali. "Pemadaman lewat darat dan apabila tidak memungkinkan kita lakukan dengan water bombing, dan kita lakukan dengan water bombing ini sebanyak 537 kali pemadaman," katanya.

Selain kebakaran, bencana juga sering terjadi yakni bencana banjir. "Itu sebanyak 14 kejadian di 7 Kecamatan yaitu Mandau Talawang, Kapuas Hulu, Pasak Talawang, Kapuas Tengah, Dadahub, Kapuas Murung dan Mantangai. 

Bencana ini didominasi di Kecamatan Mandau Telawang sebanyak 4 kejadian. "Ada sebanyaj 19.293 KK yang terdampak bencana banjir ini selama 2017, namun tidak ada korban jiwa," sebutnya.

Sedangkan untuk bencana banjir, 14 kejadian ditujuh kecamatan, yakni Kecamatan Mandau Talawang, Kapuas Hulu, Pasak Talawang, Kapuas Tengah, Dadahup, Kapuas Murung, dan Mantangai. Banjir paling sering terjadi di Kecamatan Mandau Talawang sebanyak 4 kejadian. Keseluran Kepala Keluaraga (KK) yang terdampak banjir selama 2017 berjumlah 19.293 KK

Terakhir yakni bencana umum, seperti ebakaran permukiman, kebakaran ruko/toko/kios/gudang, angin puting beliung, kecelakaan/orang tenggelam dan KLB (keracunan). "Bencana umum ini terjadi sebanyak 38 kejadian," ucapnya.

Ia memeberikan apresiasi terhadap kesiapsiagaan timnya dalam penganan bencana selama tahun 2017. Pasalnya, tanpa ada tim tersebut masalah bencana alam di Kabupaten Kapuas tidak dapat teratasi. "Saya mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah berkoordinasi dan bekerjasama dengan baik dalam penanganan bencana alam yang ada di Kabupaten Kapuas," katanya.

Ia juga mengimbau kepada masyarakat agar selalu waspada dan berhati-hati. "Agar selalu waspada dan jaga-jaga terhadap bencana," pungkasnya. (HAMDI/B-8)

Berita Terbaru