Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Kriteria untuk Menjadi Anggota Paskibra

  • 11 Januari 2018 - 12:39 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Menjadi anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) itu tidak mudah. Ada beberapa kriteria yang harus terpenuhi.

Kabid Kepemudaan Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Kotawaringin Barat Tunggungan Manurung mengatakan, selain sehat jasmani dan rohaninya juga harus memiliki wawasan luas. Sehingga itu yang menjadi keunggulan bagi Paskibraka yang akan terpilih dari yang terbaik. 

Tunggungan Manurung juga menjelaskan kriteria calon anggota paskibraka. "Paskibraka itu untuk Kabupaten kalau perempuan 160 centimeter dan untuk provinsi dan pusat harus 165 centimeter. Untuk laki-laki di Kabupaten sendiri harus 170 centimeter lebih dan tidak boleh melebihi 180 centimeter," kata Tunggungan Manurung, Rabu (10/1/2018)

Menurut Manurung, Paskibraka harus memiliki wawasan dari keterampilan berbahasa, baik itu bahasa Indonesia maupun bahasa asing, pengetahuan, dan seni daerah. Sehingga untuk menemukan terbaik dari yang terbaik itu susah dan perlu kejelian dalam memilih.

"Selain yang saya sebutkan tadi, berat badan, postur tubuh juga memengaruhi, seperti laki-laki harus memiliki berat badan ideal 65 kilogram dan untuk perempuan 55 kilogram," ucapnya.

Ia menambahkan, dulu pernah ada siswa yang mewakili Kotawaringin Barat untuk mengikuti paskibraka di pusat, kebetulan itu adalah perempuan. Itu membuat bangga Kobar karena ada perwakilan Kobar untuk paskibraka di pusat. (HARDI/B-2)

Berita Terbaru