Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Gunung Sitoli Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Barito Utara Gelar Rapat Penetapan Maskot Kabupaten

  • Oleh Ramadani
  • 11 Januari 2018 - 14:22 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh– Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Barito Utara menggalar rapat penetapan identitas daerah atau maskot kabupaten di Aula Setda, Kamis (11/1/2018).

Rapat dipimpin Asisten I Setda Barito Utara Hendro Nakalelo. Rapat dihadiri sejumlah perwakilan dinas terkait dan seluruh camat.

Hendro mengatakan, Kabupaten Barito Utara dikenal memiliki biodiversity yang melimpah dan sifat khas atau unik. Di samping itu, memiliki kekayaan flora dan fauna, termasuk spisies langka.

“Kekhasan daerah inilah yang perlu ditingkatkan statusnya dengan dijadikan sebagai maskot. Sebab kriteria suatu komoditas dapat dijadikan maskot adalah kerana langka atau unggulan daerah yang hasilnya melimpah,”  ujar Hendro.

Untuk maksud penetapan maskot yakni sebagai upaya pengenalan identitas Kabupaten Barito Utara. Sedangkan tujuan penetapan maskot yakni meningkatkan rasa memiliki dan menanamkan kebanggaan terhadap maskot kabupaten sebagai identitas daerah.

Selain itu, meningkatkan kepedulian dan kesadaran masyarakat untuk berperan serta dalam menjaga dan melestarikan keberadaan maskot kabupaten. Sebagai sarana promosi pariwisata serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pengembangan, pembudidayaan, dan pelestarian maskot tersebut.

Hendro melanjutkan, kriteria maskot terdiri dari dua yakni langka dan melimpah. Kriteria langka terdiri dari jenis tumbuhan atau hewan, jumlahnya sangat sedikit atau hampir punah, jelnis lokal atau endemik, status dilindungi, dan dapat dibudidayakan.

Sedangkan kriteria melimpah terdiri dari, jenis tumbuhan atau hewan, jumlahnya melimpah, jenis lokal atau nasional, sudah dibudidayakan, serta berkelanjutan. (RAMADANI/B-3)

Berita Terbaru