Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Poso Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

IPA di Desa Baru Fungsional, Empat Desa Dan Satu Kelurahan Terlayani Air Bersih

  • Oleh Uriutu
  • 11 Januari 2018 - 16:19 WIB

BORNEONEWS, Buntok – Instalasi Pengolahan Air (IPA) di Desa Baru, Kecamatan Dusun Selatan, Kabupaten Barito Selatan, fungsional. Empat desa dan satu kelurahan kini terkoneksi pelayanan air bersih.

Demikian dsampaikan Direktur PDAM Tirta Barito, Buntok, Mariyanto kepada Borneonews, Kamis (11/1/2018).

“IPA PDAM di Desa Baru sudah fungsional. Ada empat desa dan satu kelurahan terkoneksi pelayanan air bersih,” kata Maryanto.

Empat desa tersebut yakni Baru, Muara Talang, Teluk Telaga, dan Danau Sadar. Sedangkan satu kelurahan yang ikut terkneksi yakni Jelapat.

Artinya, lanjut dia, empat desa dan satu kelurahan tersebut sudah bisa menikmati pelayanan air bersih. Untuk penyambungan pelanggan baru juga sudah bisa dilaksanakan.

Ia menyebutkan, IPA merupakan proyek APBN pada 2017 lalu dengan anggaran sebesar Rp10 miliar. Angagran itu digunakan untuk pembuatan dan pemasangan unit dan perpipaan.

Untuk kapasitas air, sebesar 10 liter per detik. Idealnya mampu melayani 988 pelanggan. Namun, saat ini IPA baru melayani 688 sambungan rumah atau pelanggan. Artinya masih bisa menambah pelanggan sekitar 300 sambungan lagi.

“Semuanya akan terakomodasi pada 2018 ini karena daftar tunggu pemasangan sudah lumayan banyak,” janji Mariyanto . (URIUTU DJAPER/B-3)

Berita Terbaru