Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Purworejo Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Ben Brahim Disambut Adat Potong Pantan di Mandomai

  • 11 Januari 2018 - 19:53 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas-Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat beserta rombongan yang di dalam ada Ketua DPRD Kapuas Algrin Gasan, Ketua TP PKK Kapuas Ary Egahni Ben Bahat, para pejabat eselon II disambut dengan upacara adat Potong Pantan saat meresmikan jembatan di Desa Anjir Kalampan, Kecamatan Kapuas Barat, Kamis (11/1/2018).

Mantir Kepala Adat langsung menyambut dengan pengalungan kain, tampung tawar dengan bahasa setempat, kemudian memotong sebatang kayu dengan mandau. Setelah itu, baru rombongan dipersilakan masuk ke area peresmian jembatan.

Menurut Damang Kepala Adat Desa Anjir Kalampan, Tinus I Akub, tradisi ini memang harus terus dijaga dan dilestarikan. Apalagi, Bupati Ben Brahim datang untuk meresmikan jembatan penyeberangan yang menghubungkan Desa Anjir Kalampan menuju Kota Kecamatan Kapuas Barat

"Kita ingin adat sitiadat budaya Dayak ini akan terus dilestarikan dengan kegiatan seperti ini. Dengan sendirinya akan terus diwariskan budaya leluhur kepada generasi muda," kata Tinus. (DJIMMY NAPOLEON/B-8)

Berita Terbaru