Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Labuhan Batu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

UPT Puskesmas Mandomai Miliki Ruang Rawat Inap dan IGD

  • 11 Januari 2018 - 20:55 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Masyarakat Desa Mandomai, Kecamatan Kapuas Barat dan sekitarnya akhirnya bisa bernafas lega. Pasalnya, Unit Pelayanan Teknis (UPT) Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Mandomai sudah dilengkapi ruang rawat inap dan Instalasi Gawat Darurat.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas Apendi, ini bukan puskesmas pertama yang punya ruang rawat inap dan IGD. Sebelumnya, Puskesmas Anjir, Kecamatan Kapuas Timur dan Puskesmas Kupang, Kecamatan Bataguh, sudah lebih dulu dibangun ruang rawat inap dan IGD.

"Memang untuk tahun 2018 ini ada tiga kecamatan yang sudah memiliki puskeasmas dilengkapi dengan IGD," kata Apendi saat diwawancarai awak media usai peresmian Puskesmas Mandomai Kamis(11/1/2018).

Menurut pria yang akrab disapa Apet ini, semua puskesmas di Kabupaten Kapuas ada sebagian statusnya rawat inap. Namun, sebagian belum ada fasilitas IGD dan tahun ini, kekurangan itu bakal dilengkapi. Setelah ini, bakal diresmikan puskesmas rawat inap di Kecamatan Bataguh lengkap dengan fasiltas IGD.

"Target kedepan semua puskesmas rawat inap harus memiliki IGD. Untuk mandomai, memanfaatkan gedung lamah,dengan renovasi berat menjadi puskemas rawat inap sedangkan IGD-nya kita manfaatkan puskesmas lama," kata dia. (DJIMMY NAPOLEON/B-8)

Berita Terbaru