Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Samosir Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Warga Temukan Pembuangan Limbah ke Sungai, Diduga dari PT Task I

  • Oleh Naco
  • 12 Januari 2018 - 09:36 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Perusahaan perkebunan kelapa sawit kembali diduga mencemari lingkungan masyarakat melalui limbah mereka. Seperti yang disampaikan Wawan, warga yang menemukan pembuangan limbah di wilayah Kecamatan Tualan Hulu, Kabupaten Kotawaringin Timur.

Limbah itu diduga berasal dari PT Task I yang beroperasi di wilayah sekitar. Saat itu, ia melihat jelas adanya pembuangan limbah ke sungai Rege yang tepat berada di pinggir pabrik perusahaan.

"Kejadian itu kami temukan pada Minggu (7/1/2018) lalu, sekitar pukul 09.00 WIB," kata Wawan, Jumat (12/1/2018).

Wawan menemukan limbah itu tanpa sengaja, ketika melintas di kolam penampungan limbah. Aktivis adat tersebut melihat semburan air limbah yang sangat deras dari dua pipa besar yang berada di pinggir kebun sawit berlangsung sekitar tiga jam.

"Kami menemukan secara langsung ada pembuangan limbah ke sungai, yang dipompa melalui land aplikasi di Blok H.42 PT Task I. Limbah tersebut mengalir sangat deras melalui aplikasi, menuju parit-parit yang berada di tengah lahan, kemudian tumpah ruah ke sungai Rege," terangnya.

Mereka menduga land aplikasi itu hanya kedok untuk membuang ke sungai masyarakat tersebut.

"Harusnya land aplikasi sebagai wadah untuk menyerap air limbah untuk pupuk sawit, di mana limbah masuk ke dalam tanah bukan sebaliknya malah dibuang ke sungai seperti itu," tegasnya.

Terpisah Legal PT Task Hendri saat dikonfirmasi terkait kebenaran limbah tersebut apakah memang terjadi di kawasan perkebunan mereka ia masih belum bisa memastikan.

"Masih coba kita cek dengan orang kebun," katanya singkat. (NACO/B-2)

Berita Terbaru