Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Infrastruktur Merupakan Prioritas Pembangunan

  • Oleh Ramadani
  • 12 Januari 2018 - 16:20 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh- Pemerintah pusat telah menetapkan delapan skala prioritas pembangunan sebagai penjabaran program Nawacita Presiden Joko Widodo.

Di antaranya pembangunan infrastruktur di berbagai aspek seperti jalan, jembatan, sarana irigasi pertanian, dan energi.

Kebijakan itu selaras dengan program Pemerintah Kabupaten Barito Utara, yang menempatkan infrastruktur sebagai salah satu prioritas pembangunan demi menggerakkan dan mempercepat pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Terkait hal itu, Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Barito Utara Acep Tion, mengatakan bahwa infrastruktur memiliki peranan yang sangat penting, dan merupakan urat nadi dalam sistem perekonomian daerah.

Karenanya, ia berharap Pemkab Barito Utara selalu berkomitmen penuh untuk membangun infrastruktur secara berkelanjutan. Sehingga harapan tidak ada lagi masyarakat di Bumi Iya Mulik Bengkang Turan yang terisolasi dan tertinggal bisa terwujud.

“Sebagai bentuk respons yang tinggi atas usulan masyarakat, meski belum sepenuhnya tuntas karena terbatasnya anggaran dan waktu, pembangunan jalan poros utama ke desa-desa dan ibu kota kecamatan, sebagian besar telah mampu dibangun secara bertahap,” ujarnya, Jumat (12/1/2018).

Sangat disadari, lanjut dia, karakteristik geografi daerah juga dapat mempengaruhi capaian serta menjadi tantangan dalam pembangunan yang telah direncanakan.

Untuk menjawab tantangan pembangunan tersebut, maka pengembangan infrastruktur akan dilaksanakan dalam konsep kawasan ekonomi terpadu. Dengan memperhatikan potensi sektor basis pusat pertumbuhan ekonomi pada suatu kawasan.

Sehingga diharapkan menularkan pertumbuhan ekonomi bagi kawasan di sekitarnya.

“Ketersediaan infrastruktur akan menjadi modal berharga untuk pengembangan ekonomi wilayah, khususnya di Bumi Iya Mulik Bengkang Turan. Oleh karena itu,  diharapkan semua jalur infrastruktur di daerah ini bisa lebih baik lagi ke depan," turut Acep. (RAMADANI/B-3)

Berita Terbaru