Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Luapan Air Sungai Katingan Meluas

  • Oleh Abdul Gofur
  • 13 Januari 2018 - 17:50 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Luapan air Sungai Katingan terus meluas. Bahkan beberapa wilayah kecamatan di Kabupaen Katingan sudah terkena dampaknya.

Hingga Sabtu (13/1/2018), wilayah kecamatan yang terkena dampak luapan air Sungai Katingan yakni Kecamatan Pulau Malan, Tewang Sanggalang Garing (TSG), Katingan Hilir, Tasik Payawan dan Kecamatan Kamipang.
Semua wilayah kecamatan ini dilewati daerah aliran sungai (DAS) Katingan.

Sungai Katingan sendiri memiliki panjang lebih dari 600 kilometer. Mulai dari dari wilayah Kecamatan Bukit Raya berbatasan langsung dengan wilayah Kalimantan Barat (Kalbar) hingga ke Perairan Pagatan Kecamatan Katingan Kuala yang berbatasan langsung dengan Laut Jawa.

"Kalau rumah kami hari ini belum terendam air, tapi kondisi jalan menuju UPT (unit permukiman transmigrasi) Buntut Bali sudah terendam banjir dan kami kesulitan melewatinya," keluh Timotius warga UPT Buntut Bali Kecamatan Pulau Malan ketika berada di Kasongan, Sabtu (13/1/2018).

Menurutnya, ruas jalan yang mulai terendam itu akibat luapan dari Sungai Katingan.

Sementara warga Desa Telingke Kecamatan Tasik Payawan juga mengaku sejak beberapa hari terakhir debit air Sungai Katingan terus naik ke permukaan. "Iya, arusnya cukup deras dan mulai naik ke daratan," sebut Zulkarnaen salah seorang warga Talingke. (ABDUL GOFUR/B-2)

Berita Terbaru