Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bengkayang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sarana Dan Prasarana Kesehatan Terus Bertambah

  • Oleh Ramadani
  • 15 Januari 2018 - 21:40 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh – Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Barito Utara Robansyah mengatakan bahwa dalam kurun waktu empat tahun terakhir, sarana dan prasarana kesehatan di Bumi Iya Mulik Bengkang Turan terus bertambah.

“Ini merupakan wujud komitmen pemerintah daerah untuk mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat dengan menyediakan sarana prasaran yang menjadi salah satu dari empat prioritas pembangunan di Kabupaten Barito Utara,” kata Robansyah, Senin (15/1/2018).

Ia menyebutkan, pada 2016 Kabupaten Barito Utara memiliki 16 puskesmas. Lalu pada 2017 bertambah menjadi 17 puskesmas. Tujuh di antaranya yang semula bangunan kayu direnovasi menjadi beton.

Demikian juga dengan puskesmas pembantu bertambah dari 82 unit menjadi 84 unit. Poskesdes bertambah dari 16 unit menjadi 18 unit. Seluruh puskesmas yang ada telah memiliki mobil puskesmas keliling atau ambulans double gardan, dan semuanya dalam keadaan baru serta fungsional.

Kemudian pada 1 Januari 2018, bangunan wing A RSUD Muara Teweh, yang merupakan rumah sakit rujukan DAS Barito, telah diresmikan pemanfaatannya oleh Bupati Nadalsyah.

Tidak hanya itu, kata Robansyah, pemkab berkomitmen untuk memberikan jaminan pemeliharaan kesehatan bagi masyarakat tidak mampu. 

Sampai saat ini, Pemerintah Kabupaten Barito Utara telah memberikan bantuan iuran kepada 55.978 jiwa yang menjadi peserta BPJS Kesehatan. “Sehingga ketika sakit, masyarakat tidak perlu takut memikirkan biaya pengobatan atau perawatannya karena sudah dijaminkan melalui BPJS Kesehatan," sebut. (RAMADANI/B-3)

Berita Terbaru