Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pacitan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dikira Mayat Manusia Ternyata Bangkai Orangutan Tanpa Kepala

  • Oleh Uriutu
  • 15 Januari 2018 - 22:40 WIB

BORNEONEWS, Buntok - Warga Desa Kalahian, Kecamatan Dusun Selatan, Kabupaten Barito Selatan (Barsel), digegerkan dengan penemuan mayat dalam kondisi busuk di bawah Jembatan Kalahien, Senin (15/1/2018) sore.

Namun, setelah diteliti dari dekat, mayat tanpa kepala itu bukanlah jasad manusia, melainkan bangkai orangutan.

“Awalnya dikira mayat manusia. Namun setelah diteliti bersama anggota Polsek Dusun Selatan dan petugas BKSDA, ternyata bangkai orangutan,” kata Bubu, petugas juru pandu tugboat di Jembatan Kalahien kepada Borneonews.

Bubu menuturkan, dirinyalah yang pertama kali menemukan bangkai orangutan tersebut. Awalnya dikira mayat manusia. Sebelum mengetahui bahwa itu bangkai orangutan, Bubu melapor ke Pospol terdekat.

Namun setelah aparat Polsek Dusun Selatan dan Polhut BKSDA turun ke lokasi, ternyata itu bangkai orangutan.

Kapolsek Dusun Selatan AKP Budiono saat dimintai konfirmasi, memastikan bahwa jasad yang ditemukan adalah bangkai oranghutan. Ia telah dilaporkan temuan itu ke Satuan Polisi Hutan Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) guna dinindaklanjuti.

“Mayat orang hutan itu ditemukan seorang warga Desa Kalahien yang tinggal di rumah lanting. Karena sepintas mirip manusia, kemudian temuan itu dilaporkan ke Polsek Dusun Selatan,” ucap dia. 

Di tempat terpisah, Hetto, petugas Seksi Konservasi Wilayah III BKSDA Muara Teweh, juga memastikan bahwa sosok yang ditemukan tersebut ialah bangkai orangutan dengan kondisi membusuk tanpa kepala.

Bangkai orangutan itu, lanjut Hetto, pertama kali ditemukan Bubu yang bekerja sebagai pemandu kapal tugboat atau tongkang dan tinggal di rumah lanting sekitar Jembatan Kalahien.

“Kematian orangutan yang dilindungi tersebut diduga akibat tindak kekerasan. Karena ditemukan tanpa kepala dan sudah dikuburkan,” ujar Hetto. (URIUTU DJAPER/B-3)

Berita Terbaru