Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pembangunan Kesehatan Perlu Peran Serta Semua Pihak

  • Oleh Ramadani
  • 16 Januari 2018 - 06:00 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Bupati Barito Utara Nadalsyah mengatakan bahwa pembangunan bidang kesehatan merupakan bagian integral yang tidak terpisahkan dari pengembangan daerah.

Untuk itu, ia meminta masyarakat Kabupaten Barito Utara hidup sehat, tinggal di lingkungan yang bersih, berperilaku hidup bersih dan sehat, serta bila memerlukan pelayanan kesehatan dapat memperoleh yang bermutu, adil, dan terjangkau.

“Untuk mewujudkan itu semua bukanlah pekerjaan yang mudah. Karena urusan kesehatan saat ini semakin kompleks dan perlu adanya peran dari semua pemangku kepentingan, yaitu pemerintah, swasta/dunia usaha, dan peran serta masyarakat itu sendiri,” kata Bupati Nadalsyah saat meresmikan Puskesmas Muara Teweh dan Puskesmas Trahean, Senin (15/1/2018).

Ia melanjutkan, apapun yang telah dan akan diupayakan oleh jajaran Dinas Kesehatan dalam rangka meningkatkan status kesehatan masyarakat, tanpa partisipasi dan dukungan peran serta masyarakat dan para pemangku kepentingan terkait lainnya, tidak akan berbuah hasil yang diharapkan.

“Oleh karena itu, saya minta mari kita bergandengan tangan, bahu membahu, untuk mewujudkan cita-cita kita tersebut,” ajak Nadalsyah.

Lebih lanjut Nadalsyah, mengatakan dalam kurun waktu empat tahun terakhir, Pemerintah Kabupaten Barito Utara melalui Dinas Kesehatan dan jajarannya, telah berhasil menekan kasus penyakit menular.

"Dari 10 penyakit terbanyak yang ditangani di fasilitas pelayanan kesehatan primer, di antaranya kita telah mendapat sertifikat eliminasi malaria dari Menteri Kesehatan."

Namun, di sisi lain penyakit tidak menular yang ada hubungannya dengan perilaku dan gaya hidup, seperti penyakit degeneratif, tekanan darah tinggi (hypertensi), mulai meningkat. Bahkan menduduki urutan kedua dari 10 penyakit terbanyak.

“Penyakit ini pada dasarnya dapat dicegah dan diobati. Pencegahan dapat dilakukan melalui perilaku hidup sehat. Seperti rajin melakukan aktivitas fisik, diet seimbang, mengurangi asupan garam, dan mengurangi merokok/berhenti merokok, serta melakukan pemeriksaan dan pengukuran tekanan darah secara berkala,” katanya. (RAMADANI/B-3)

Berita Terbaru