Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Warofen Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Diskominfo Pasang Jaringan Komunikasi di Enam Desa 

  • Oleh Hamdi
  • 16 Januari 2018 - 09:20 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Sebanyak enam tower dengan ketinggian rata-rata 32 meter bakal beroperasi di enam desa Kabupaten Kapuas. Pasalnya, keenam desa desa tersebut masih susah terjangkau jaringan komunikasi ponsel.

"Keenam desa tersebut yakni Desa Supang, Jakatan Pari, Sei Pinang, Kaburan, Muroi Raya dan Palangkau Baru," ungkap Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Kapuas H Nor Alamsyah di ruang kerjanya, Selasa (16/1/2018).

Perkembangan saat ini, menurut informasi Nor Alamsyah, pembangunan tower tersebut baru lima yang sudah diselesaikan. Sedangkan satu tower mengalami keterlambatan karena faktor banjir.

"Di Desa Palangkau Baru belum bisa dilakukan pembangunan karena banjir. Ini baru saja para pekerja mau melakukan pembangunan, karena ketinggian air sudah turun dan tidak menggenangi area pembangunan tower," katanya.

Pembangunan tersebut, juga terlaksana berkat sumbangan operator yang setiap tahunnya wajib menyetorkan ke Pemerintah Daerah sebanyak 1,25% dari penghasilan kotor. "Jadi setelah dana itu terkumpul, kita kucurkan ke daerah-daerah non komersial. Kebetulan di enam desa itu akan dipasang jaringan Indosat," sebutnya.

Setelah tower itu dibangun, tahap selanjutnya yaitu dilakukan penyewaan kepada operator untuk dikelola. "Jadi kalau sudah membangun ini operator lagi yang masuk memasang perangkat jaringannya, BTS namanya," katanya.

Pihaknya berharap, ke depan agar pembangunan tower dengan menjalin kerjasama bersama operator tersebut bisa berjalan dengan baik. "Kita menginginkan tidak ada daerah blank spot di Kabupaten Kapuas ke depan," pungkasnya. (HAMDI/B-2)

Berita Terbaru