Aplikasi Pilgub (Pemilihan Gubernur) Propinsi Sulawesi Tengah Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Banjir, Jalan Menuju Petak Bahandang Katingan Putus

  • Oleh Abdul Gofur
  • 16 Januari 2018 - 15:16 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Luapan air Sungai Katingan akibat curah hujan tinggi akhir-akhir ini di Kabupaten Katingan menyebabkan jalan menuju Petak Bahandang Ibukota Kecamatan Tasik Payawan terputus, Selasa (16/1/2018).

Akibatnya masyarakat di Petak Bahandang dan sekitarnya terisolasi. Beberapa warga Petak Bahandang mengaku sejak dua hari terakhir air Sungai Katingan terus meluap. Akibatnya puluhan rumah warga terendam banjir.

Selain rumah, banjir di Petak Bahandang ini juga merendam beberapa fasklitas umum, seperti ruas jalan menuju Petak Bahandang, ruas jalan dalam Kota Petak Bahandang, dan sejumlah fasilitas umum lainnya, seperti sekolah.

Camat Tasik Payawan, Pimanto yang dikonfirmasi borneonews.co.id mengaku jika banjir di daerahnya sudah terjadi sejak dua hari terakhir.
"Hari ini tampaknya yang cukup parah," kata Pimanto.


Pimanto mengatakan, banjir yang terjadi kali ini sama yang terjadi dengan banjir pada Juli 2017 lalu. Pasalnya, banjir saat itu dan sekarang ini juga sama-sama memenggelamkan puluhan rumah dan juga fasilitas umum seperti jalan.

Sedangkan untuk Kantor Kecamatan Tasik Payawan yang ada di Petak Bahandang sementara aman dari banjir, namun halaman kantor sudah kebanjiran seperti kolam ikan.

Camat Pimanto mengaku akibat jalan terputus akibat luapan Sungai Katingan ini, warga yang hendak bepergian ke luar atau masuk ke Petak Bahandang harus menggunakan jasa fery penyeberangan berupa kelotok modifikasi.

Namun fery modifikasi ini hanya hisa menyeberangkan untuk barang, manusia dan kendaraan roda dua. "Semua masyarakat Petak Bahandang ingin agar banjir segera surut," imbuh Pimanto. (ABDUL GOFUR/B-5)


TAGS:

Berita Terbaru