Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Nias Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kotawaringin Timur Tingkatkan Status Siaga Banjir

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 16 Januari 2018 - 15:48 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Banjir di Kotawaringin Timur (Kotim) diprediksi masih terus mengancam hingga beberapa pekan mendatang, sehingga Pemkab setempat meningkatkan status waspada menjadi siaga banjir.

"Setelah kami melakukan rapat lintas instansi dan juga sejumlah instansi vertikal lainnya kami sepakat menaikkan status dari waspada jadi siaga bencana banjir," ujar Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kotim M Yusup, usai Rapat Koordinasi Penetapan Status Bencana Banjir di Kotim, Selasa (16/1/2018).

Penetapan status siaga banjir karena hingga saat ini banjir masih melanda di beberapa desa. Walaupun sudah mulai berangsur surut. 

Penetapan status menjadi siaga tersebut karena dari pantauan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandar Udara H Asan Sampit, intensitas hujan di Kotim akan terus terjadi dalam beberapa waktu ke depan. 

"Memang kita tidak berharap banjir akan terjadi di beberapa desa di Kotim ini, namun yang pasti status siaga ini kami tetapkan karena sudah banyak bencana banjir terjadi di sejumlah desa di Kotim," kata Yusup. 

Penetapan status siaga berlaku sejak hari ini (16/1/2018) ini dan akan berakhir pada tiga pekan ke depan atau tepatnya pada 7 Februari 2018.

Setelah itu akan dievaluasi lagi apakah perlu diperpanjang atau banjir sudah tidak ada lagi yang melanda desa di Kotim ini. (MUHAMMAD HAMIM/B-5) 


TAGS:

Berita Terbaru