Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bungo Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Seluruh Wilayah di Kotim Harus Dialiri Listrik

  • Oleh Naco
  • 16 Januari 2018 - 17:30 WIB


BORNEONEWS, Sampit - Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kotawaringin Timur, Rimbun mengingatkan Pemkab Kotim agar memaksimal hingga tahun 2020 seluruh desa di Kotim harus dialiri listrik, baik itu melalui jaringan listrik PLN atau kontribusi perkebunan besar swasta.

"Kami menilai banyak desa yang belum dialiri listrik karena tidak ada keseriusan pemerintah daerah untuk mewajibkan para investor berkontribusi. Paling tidak tahun 2020 kita minta semua desa di Kotim harus terang benderang," katanya, Selasa (16/1/2018).

Menurut Rimbun masyarakat harus merasakan energi listrik, koneksi jaringan listrik di desa pelosok jangan hanya semata bergantung kepada jaringan listrik milik PLN tetapi kepada perusahaan perkebunan disekitarnya.

Apalagi selama ini rata-rata pabrik dan perusahaan di Kotim memiliki kelebihan daya, maka tidak ada salahnya juga daya yang lebih itu dialirkan dan diperjualbelikan kepada warga sekitar tempat investasi mereka.

Menurut Ketua Komisi III DPRD Kotim ini masyarakat pada dasarnya tidak keberatan juga dengan sistem jual beli, karena mereka sudah terlalu lama menunggu jaringan listrik dan selama ini mengandalkan listrik diesel ataupun tenaga surya yang tidak seberapa mampu untuk memenuhi kebutuhan di setiap rumah tangga mereka.


"Desa di sekitar perkotaan ini yang belum dialiri listrik banyak sepertiu Desa Tanah Putih. Padahal disekitarnya ada perusahaan perkebunan dengan kondisi kelebihan daya, sayanagnya desa itu masih belum dilairi listrik," ujarnya menyayangkan. (NACO/B-5)

Berita Terbaru