Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Perlu Ada Kebijakan Khusus Supaya Pendidikan Jadi Kebutuhan Utama

  • Oleh Testi Priscilla
  • 16 Januari 2018 - 19:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya- Wakil Wali Kota Palangka Raya Mofit Saptono Subagio mengatakan, perlu adanya kebijakan untuk menjadikan sektor pendidikan sebagai kebutuhan utama.

"Dalam UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Pasal 31, Ayat 1 menyatakan bahwa setiap warga negara berhak mendapatkan pendidikan. Sedangkan di Ayat 3 menegaskan bahwa pemerintah harus mengusahakan dan menyelenggarakan satu sistem pendidikan nasional dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka sangat diperlukan adanya komitmen yang utuh antara Pemerintah Kota Palangka Raya dan DPRD, agar kebijakan untuk memajukan pendidikan di kota ini menjadi kebutuhan yang utama," kata Mofit saat menyampaikan pidato dalam Rapat Paripurna, Selasa (16/1/2018).

Menurut Wakil Wali Kota, sebagai upaya mendukung kemajuan pendidikan, ialah dengan memperhatikan peningkatan kesejahteraan guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah.

"Tidak bisa dimungkiri, guru memegang peranan utama dalam membentuk karakter anak didik. Perannya tidak bisa digantikan oleh teknologi canggih. Begitu besarnya arti guru, maka sudah selayaknya perhatian besar diberikan kepada mereka," katanya.

Perhatian tersebut, menurut Mofit, dapat dilakukan dengan memberikan dukungan kepada para pendidik melalui berbagai peluang. Salah satunya dengan membantu guru meraih sertifikasi profesi guna memenuhi  kompetensi yang dipersyaratkan. Termasuk dukungan akan penghasilan atas kebutuhan hidup.

"Bila itu terpenuhi, guru dapat memiliki kemampuan profesional  dalam mengembangkan potensi peserta didik," tutupnya. (TESTI PRISCILLA/B-3)

Berita Terbaru