Dishub Barito Selatan Ingatkan Pemilik Transportasi Sungai Miliki Fasilitas Keselamatan Penumpang

  • Oleh Uriutu
  • 17 Januari 2018 - 16:00 WIB

BORNEONEWS, Buntok - Dinas Perhubungan Kabupaten Barito Selatan mengingatkan para pemilik transportasi angkutan sungai agar melengkapi fasilitas keselamatan bagi para penumpang. 

“Kita mengingatkan kepada pemilik transportasi air agar melengkapi fasilitas keselamatan bagi para penumpang tersebut,” kata Sekretaris Dishub Barsel, Aprilius Ampuh kepada Borneonews, Rabu (17/1/2018).  

Fasilitas keselamatan yang harus di lengkapi pemilik transportasi angkutan sungai speed boad dan perahu taksi motor tersebut seperti pelampung. 

Karena, lanjut dia, pelampung tersebut sangat penting disiapkan, karena bisa bisa digunakan para penumpang apabila terjadi kecelakaan di sungai. 

Menurutnya, selama ini baik speedboat dan perahu taksi motor yang beroperasi di Daerah Aliran Sungai (DAS) Barito didaerah ini, banyak yang tidak mematuhi aturan tersebut. 

Oleh karena itu fia meminta kepada petugas untuk yang berada di Pelabuhan Pasar Beringin maupun Pasar Lama Buntok agar melakukan pengecekan peralatan keselamatan angkutan umum sungai tersebut. 

“Kalau kelengkapan keselamatannya tidak memenuhi ketentuan, agar jangan diberikan izin untuk berangkat membawa penumpang,” tandasnya.

Selain itu agar juga jangan membawa penumpang melebihi kapasitas muatan. Misalnya muatan hanya 25 orang jangan membawa 30 orang.  

Untuk itu pihaknya meminta kepada pemilik transportasi angkutan umum sungai agar mematuhi aturan tersebut demi keselamatan para penumpang. (URIUTU DJAPER/B-6)

Berita Terbaru