Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Penyerapan Anggaran Masih Jadi PR Pemkab Lamandau Setiap Tahun

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 18 Januari 2018 - 17:22 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Penyerapan anggaran setiap tahunnya masih kerap menjadi pekerjaan rumah (PR) dalam penyelenggaraan pemerintahan Pemkab Lamandau. Padahal penyerapan anggaran sangat penting dan berpengaruh dalam setiap pelaksanaan pembangunan.

Hal tersebut seperti terungkap pada saat Pemkab Lamandau melaksanakan Rapat Koordinasi Pembangunan, Evaluasi Pelaksanaan Program Kerja Tahun Anggaran 2017 dan Persiapan Rencana Kerja Tahun Anggaran 2018, Kamis (18/1/2018).

Wakil Bupati Lamandau, Drs. H. Sugiyarto menyebut, meskipun sampai dengan akhir Desember tahun 2017 lalu penyerapan anggaran kabupaten Lamandau berada diatas 90%, namun tetap saja masih belum mencapai target yang sudah ditetapkan.

"Artinya, penyerapan anggaran masih menjadi pekerjaan rumah (PR) yang harus diperhatikan oleh seluruh Satuan Organisasi Pemerintah Daerah (SOPD) di lingkup pemkab Lamandau," pintanya.

Sebelumnya, sampai dengan 31 Desember tahun 2017 lalu, penyerapan anggaran kabupaten Lamandau secara kumulatif untuk fisik terealisasi 94,91% dari target 100%. Sedangkan untuk keuangan, terealisasi sebesar 93,91% dari target 98%.

Sehingga, untuk realisasi fisik masih terdapat deviasi 5,09% dan masih terdapat 4,09% untuk realisasi keuangan. "Berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya, pada percepatan pelaksanaan program/kegiatan, SOPD masih perlu melakukan optimalisasi dalam penyerapan anggaran agar berjalan sesuai dengan target," ujar Wabup dua periode ini.

Oleh karena itu, sambung dia, perlu dilakukan langkah kongkrit untuk pencapaian target mulai dari penetapan pejabat pengelola keuangan, PPTK (Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan), penandatanganan kontrak secara kolektif dan upaya-upaya percepatan lainnya.

Lebih jauh, Wabup menyebut bahwa tahun 2018 ini merupakan tahun terakhir pelaksanaan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) kabupaten Lamandau. Karenanya, semua pihak diminta untuk dapat fokus bekerja susuai target yang ditetapkan. (HENDI NURFALAH/B-8)

Berita Terbaru