Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kutai Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Rumah Dinas Guru di Kotim Banyak Tidak Layak Huni

  • Oleh Naco
  • 18 Januari 2018 - 23:50 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur Rimbun, menegaskan kondisi rumah dinas guru di daerah pelosok jauh dari kata layak huni.

Untuk itu, ia mendesak Dinas Pendidikan Kabupaten Kotim menyikapi persoalan ini secara serius.

"Kami menginginkan supaya masalah rumah dinas guru bisa dijadikan skala prioritas di tahun anggaran 2018 ini. Sebab keberadaan rumah dinas sangat menunjang, apalagi jika sekolah itu berada di pelosok," kata Rimbun, Kamis (18/1/2018).

Tentunya guru dari luar daerah akan bergantung dengan keberadaan rumah dinas yang disediakan pemerintah. Selain itu, keberadaan rumah dinas juga untuk mendukung pelaksanaan kegiatan guru yang bertugas agar merasa betah.

"Rumah dinas guru semestinya sudah dilakukan rehabilitasi. Apalagi usianya sudah lama. Maka sebuah keharusan bagi pemerintah daerah untuk memperhatikannya. Saat ini pemerintah daerah memang terkesan masih belum maksimal untuk pembenahan sektor pendidikan. Akibatnya sarana dan prasarana sekolah tidak bisa digunakan," ucap Rimbun.

Politisi PDIP itu mengakui bahwa lambatnya rehabilitasi rumah dinas guru disebabkan masalah anggaran. Namun, bukan berarti pemerintah kabupaten selalu menjadikan anggaran sebagai alasan.

Pada 2018 ini saja, anggaran untuk sektor pendidikan termasuk untuk gaji dan pembangunan infrastruktur sekitar Rp300 miliar.

Jika Dinas Pendidikan tidak bisa menyiasati anggaran itu dengan bijak, tentunya selalu kurang sekalipun nominalnya dinaikan menjadi Rp500 miliar. (NACO/B-11)

Berita Terbaru