Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. OKU Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Suplai Beras ke Kalteng Aman Namun Tak Bendung Kenaikan Harga

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 18 Januari 2018 - 22:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya– Gonjang-ganjing kenaikan harga beras akibat dugaan kelangkaan stok nasional, dinilai tidak berpengaruhi terhadap Provinsi Kalimantan Tengah.

Berdasarkan data Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin) Kalteng, suplai beras ke Bumi Tambun Bungai dinyatakan aman.

“Suplai beras ke Kalteng dinyatakan aman. Bahkan ketahanannya untuk lima bulan ke depan. Namun tidak bisa menghentikan kenaikan harga beras di pasaran akibat isu kelangkaan tersebut. Itu sebab sentimen pasar saja,” terang Kepala Disdagperin Kalteng Katma F Dirun kepada Borneonews, Kamis (18/1/2018).

Katma menyebutkan, sesuai hukum pasar, sebenarnya ketika stok dalam keadaan cukup dan tidak ada gangguan dalam hal produksi beras, maka tidak ada alasan untuk menganggu harga pasar. Kecuali hanya isu atau sentimen tadi.

“Bahkan pada Maret 2018 mendatang, informasi dari dinas yang membidangi pertanian, akan tiba masanya petani kita panen. Maka idealnya semakin tercukupi,” tandasnya.

Soal adanya impor beras, Katma menilai hal itu menjadi kebijakan nasional. Penting untuk dicermati adalah kebutuhan Kalteng tercukupi dan kalaupun ada penaikan bukan karena gejolak harga. (ROZIQIN/B-3)


TAGS:

Berita Terbaru