Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Paser Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Disdukcapil Seruyan Minta Perusahaan Validasi Data Kependudukan Karyawan

  • Oleh Fredy Mansyur Huda
  • 19 Januari 2018 - 08:46 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Seruyan meminta perusahaan yang beroperasi di wilayah kabupaten setempat agar dapat memvalidasi data kependudukan karyawan.

"Di perusahaan itu sering kita temukan data kependudukan karyawan yang tidak sesuai. Maka dari itu perusahaan diminta agar memperbaharui validasi data kependudukan karyawannya," kata Kepala Disdukcapil Seruyan Mansyur Ibrahim, Kamis (18/1/2018).

Ia mengungkapkan, pihak Disdukcapil sering menemukan bahwa data karyawan sering dipalsukan oleh pihak perusahaan, contohnya terdapat satu karyawan lama yang akan berhenti dan kemudian karyawan tersebut digantikan oleh karyawan baru.

Namun, identitas karyawan baru tersebut tidak digunakan oleh pihak perusahaan. Justru, karyawan baru tersebut menggunakan data atau identitas dari karyawan lama yang digantikan tadi.

"Masalah seperti ini sering kita temukan dan kita minta perusahaan harus merubah hal tersebut dan melaporkan ke Disdukcapil terkait data kependudukan karyawannya," tegasnya.

Ia mengatakan, dalam permasalahan seperti pihaknya tidak dapat bertindak tegas karena masalah tersebut urusan pihak perusahaan dan oknum karyawan tersebut.

Sejauh ini dari Disdukcapil hanya berurusan dengan data kependudukan yang sudah tercatat dalam database kependudukan dan catatan sipil, sehingga data kependudukan karyawan hanya menggunakan data dari karyawan lama apabila data karyawan baru belum diperbaharui oleh pihak perusahaan.

"Kita berharap masalah-masalah seperti ini jangan dibiarkan dan menjadi kebiasaan buruk pihak perusahaan. Sejatinya perusahaan juga harus dapat membantu pemerintah daerah dalam hal seperti ini," katanya. (FREDY MANSYUR HUDA/B-5)

Berita Terbaru