Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Disdukcapil Siapkan Blangko Kartu Identitas Anak

  • Oleh Fredy Mansyur Huda
  • 03 Agustus 2017 - 00:00 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Seruyan menyiapkan ribuan blanko Kartu Identitas Anak (KIA) untuk seluruh anak-anak di kabupaten ini.

Jumlahnya 4.000 keping blangko dan karena program ini baru mulai, jadi nanti kalau kurang baru kita tambah lagi, kata Kepala Disdukcapil Seruyan Mansyur Ibrahim di Kuala Pembuang, Kamis (3/8/2017).

Ia mengatakan, program KIA akan dilaksanakan pertama kali mulai Sabtu (5/8) mendatang bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) Seruyan ke-15 dan di-launching langsung oleh Bupati Seruyan saat pembukaan Seruyan Expo 2017 di Lapangan Gagah Lurus Kuala Pembuang.

Kita mengimbau agar orang tua membuat KIA bagi anak, dengan datang langsung ke stan Disdukcapil di arena Seruyan Expo atau ke Kantor Disdukcapil membawa Kartu Keluarga (KK) dan akta kelahiran anak, katanya.

Menurutnya, program KIA sangat bagus untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dan melatih anak untuk tertib administrasi kependudukan sejak usia dini, khususnya di Seruyan dengan kesadaran tertib administrasi kependudukan masih tergolong rendah.

Secara umum mereka yang berhak mendapatkan KIA adalah anak yang berusia 0-17 tahun, katanya.

Ia menjelaskan, KIA terbagi dua jenis yakni KIA umur anak 0-5 tahun dan 5-17 tahun kurang satu hari. Bedanya, KIA untuk anak berumur 0-5 tahun tanpa menggunakan foto, sedangkan KIA untuk usia 5-17 tahun kurang satu hari menggunakan foto.

Pada dasarnya KIA itu sama seperti KTP sama-sama terdata dalam dokumen kependudukan, hanya saja jika KIA itu khusus untuk anak-anak, katanya. (FREDY MANSYUR HUDA)

Berita Terbaru