Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

HIV/AIDS Menular lewat Hubungan Seksual

  • Oleh Hardi Sarjito
  • 19 Januari 2018 - 17:10 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - HIV/AIDS bisa menular lewat hubungan seksual. "HIV itu tidak menular melalui pergaulan, asal itu tidak melakukan hubungan badan maka tidak akan menular. Jangan berganti-ganti pasangan seperti suami jajan di luar lalu kena HIV dan berhubungan badan dengan istri, maka itu yang disebut penularan HIV/AIDS," kata Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kotawaringin Barat Jamin Ginting, Jumat (19/1/2018).

Selain hubungan seksual, HIV/AIDS juga menular lewat penggunaan jarum suntik secara bergantian dan ibu hamil yang mengidap penyakit tersebut bisa menular kepada bayi dalam kandungannya.

Jamin Ginting menjelaskan, HIV/AIDS merupakan hal yang berbeda. HIV adalah singkatan dari (Human Immunodeficiency Virus). Virus ini yang menyerang sistem kekebalan tubuh seseorang. Seseorang dapat terjangkit HIV, apabila virus tersebut masuk ke dalam saluran peredaran darah.

Kalau AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome), virus ini akan merusak system kekebalan tubuh sehingga daya tahan tubuh melemah terhadap penyakit lain, bahkan dapat mengakibatkan kematian.

"Kalau dia masih mengidap HIV maka virus itu masih bisa ditekan. Apabila sudah menjadi AIDS maka akan sulit untuk disembuhkan. Sehingga hal ini perlu diperhatikan dengan serius karena penyakit ini yang paling sulit untuk disembuhkan," ucapnya. (HARDI SARJITO/B-2)

Berita Terbaru