Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Lombok Tengah Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bantuan Dana Replanting Diharapkan Dongkrak Produktivitas 

  • Oleh Nedelya Ramadhani
  • 19 Januari 2018 - 17:40 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Target Badan Pengelola Dana Perkebunan (BPDP) kelapa sawit untuk meremajakan (replanting) 185.000 hektare (ha) lahan sawit milik petani tahun ini disambut positif sejumlah kalangan. 

"Bantuan peremajaan kelapa sawit kepada petani swadaya ini diharapkan dapat meningkatkan produksi sawit nasional dalam beberapa tahun ke depan," kata pengamat perkebunan Gamal Nasir di Jakarta, Kamis (18/1/2018).

Gamal menilai, tanaman kelapa sawit milik petani swadaya banyak yang sudah berusia tua dan produksinya rendah. Dengan adanya program replanting dengan pendanaan sekitar Rp5 triliun dari BPDP tahun ini, maka produksi sawit petani akan melonjak tajam.

"Saya mengapresiasi BPDP Kelapa Sawit yang tahun ini akan melanjutkan replanting sawit," papar dia 

Program replanting ini, lanjut Gamal, akan meningkatkan produksi sawit petani dari rata-rata 10 ton sampai 12 ton per ha dalam setahun menjadi 25 ton per tahun. 

"Tentu saja ini akan meningkatkan kesejahteraan petani. Program replanting tanaman sawit petani ini merupakan salah satu solusi mengantisipasi stagnasi produksi karena adanya moratorium pengembangan lahan perkebunan sawit oleh pemerintah," ujar Gamal.

Gamal optimistis, dengan program replanting ini, maka posisi Indonesia sebagai produsen terbesar minyak sawit mentah dunia tetap tak tergantikan oleh Malaysia. (NEDELYA RAMADHANI/m)

Berita Terbaru