Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bangka Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wabup Lamandau Tegaskan Beras Sejahtera 100% Gratis untuk Masyarakat Kurang Mampu!

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 19 Januari 2018 - 18:12 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Wakil Bupati Lamandau, Drs. H. Sugiyarto, menegaskan bahwa program bantuan sosial (Bansos) Beras Sejahtera (Rastra) yang diperuntukkan bagi masyarakat kurang mampu di Kabupaten Lamandau sejak tahun 2018 ini dipastikan murni tanpa uang tebus, alias gratis.

"Kalau tahun-tahun sebelumnya rastra atau raskin ini kan masih pakai uang tebus yang besarannya sekitar Rp.1.600 per kilo gramnya, nah sekarang (mulai tahun 2018) masyarakat penerima manfaat tidak harus membayar uang tebus lagi, karena semuanya sudah gratis," tegas  Wabup Sugiyarto, disela-sela kegiatan peluncuran perdana program bansos rastra tahun 2018, Jumat (19/1/2018).

Ia menjelaskan, mulai tahun 2018 bansos rastra dari pemerintah pusat sifatnya sudah bantuan hibah, artinya tidak ada lagi beban bagi penerima untuk membayar uang tebus. Bahkan, sebut Wabup Lamandau dua perode itu.

Selain berhak menerima rastra dengan ketentuan 10 kg/bulan, lanjut dia, masyarakat penerima manfaat atau rumah tangga sasaran (RTS) juga berhak menerima bantuan sembako jenis lain seperti halnya telur dan beberapa jenis bahan pokok lain di setiap bulannya.

"Sebetulnya bantuan yang berhak diterima tidak hanya rastra 10 kg/bulan, tapi nanti ada bantuan lain seperti halnya telur dan beberapa sembako jenis lain, tapi polanya untuk sembako jenis lain ini masih akan dibahas lebih lanjut," terangnya.

Disebutkan juga, pola penyaluran rastra di Lamandau juga masih tetap menggunakan sistem lama, yakni dengan menentukan zonasi untuk titik distribusi yang menyesuaikan dengan kondisi geografis.

"Pola penyalurannya tetap sama seperti sebelmnya, yakni ditentukan tiga titik distribusi untuk tujuh wilayah (kecamatan), yakni kecamatan Bulik untuk zona Bulik, kecamatan Menthobi untuk zona Menthobi, Bulik Timur dan Belantikan Raya, serta kecamatan Delang untuk zona Delang, Batang Kawa dan Lamandau," tukasnya. (HENDI NURFALAH/B-8)

Berita Terbaru