Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kutai Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Perencanaan Tata Ruang Pembangunan Taman Harus Dimantapkan

  • Oleh Testi Priscilla
  • 20 Januari 2018 - 09:52 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya-Seharusnya sebelum membangun taman-taman kota, Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya memantapkan terlebih dahulu perencanaan tata ruang pembangunan. Saran itu disampaikan Sekretaris Komisi B DPRD Kota Palangka Raya, Alfian Batnakanti.

"Mestinya perencanaan dalam hal tata ruang pembangunan harus dimantapkan terlebih dahulu. Misalnya bagaimana daya tampung pedagang, pengunjungnya nanti bagaimana, terlebih bentuk area parkirnya seperti apa," kata Alfia kepada Borneonews, Sabtu (20/1/2018).

Menurut Politisi Gerindra ini, hal-hal mendetil seperti itu harusnya juga menjadi fokus utama bagi Pemko. "Itu harus dipikirkan sehingga tidak menganggu aktivitas yang selama ini sudah berjalan pada umumnya," jelasnya.

Terlebih lagi untuk urusan parkir. kata Alfian, taman yang dibangun selama ini kebanyakan tidak memiliki area parkir yang jelas. Akibatnya, pengunjung yang datang harus memarkir kendaraannya di trotoar dan begitu dekat dengan jalan raya.

"Kadang-kadang kalau pengunjungnya banyak, parkir motor itu bisa sampai masuk ke jalan raya. Ini kemudian mengakibatkan terganggunya lalu lintas di sekitar taman itu. Harusnya hal seperti ini juga menjadi pertimbangan dalam perencanaan tata ruang taman itu," tutup Alfian. (TESTI PRISCILLA/B-8)

Berita Terbaru