Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Denpasar Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Agar Guru Pelosok Betah, Pemerintah Harus Siapkan Fasilitas Untuk Mereka

  • Oleh Naco
  • 20 Januari 2018 - 11:22 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Anggota DPRD Kotawaringin Timur (Kotim), Alexius Esliter menyebutkan masih ada sekolah di wilayah pelosok yang belum punya rumah dinas. Padahal, rumah dinas salah satu upaya agar guru-guru betah mengajar di daerah pelosok. Jika ingin mereka betah, pemerintah harus menyiapkan fasilitas untuk para guru ini.

"Kami meminta paling tidak setiap sekolah itu ada rumah dinas guru, ini di daerah pemilihan (Dapil) kami di Dapil IV masih banyak sekolah yang tidak memiliki rumah dinas, belum lagi yang ada namun sudah tidak layak huni," kata Alex saat dihubungi Borneonews, Sabtu (20/1/2018).

Seharusnya, menurut Alex, kondisi ini jadi perhatian pemerintah daerah, mengingat tidak semua guru berasal di sekolah setempat, tentu keberadaan rumah dinas sangat dibutuhkan dalam rangka memudahkaan dan menunjang kinerja mereka.

"Harus dipikirkan rumah dinas guru ini, karena membuat mereka betah atau tidak bekerja itu salah satunya rumah ini, kalau mereka harus pulang pergi apalagi di pedalaman kasihan," ucapnya.

Paling tidak menurut dia, dalam satu sekolah itu ada 2-3 rumah dinas. Sehingga di situ mereka tinggal, meski kondisi hujan proses belajar mengajar tetap bisa dilakukan karena guru stanby ditempat. "Beda hal sekolah di pelosok, mereka harus bolak balik setiap hari dari kota, ini yang membuat guru tidak betah," tuturnya.

Ia menegaskan Dinas Pendidikan harus punya cara bagaimana guru yang ditugaskan di pelosok itu betah, salah satunya dengan memberikan fasilitas yang layak dan memadai bagi mereka.

"Baru ditugaskan setahun sudah ada yang minta pindah, itu karena kurang pekanya pemerintah, sementara tunjangan antara guru di kota dan desa sama saja, makanya fasilitas ini salah satu cara agar bisa membuat mereka betah," tandas politisi PDI Perjuangan ini.(NACO/B-8)

Berita Terbaru