Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pohuwato Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Curah Hujan Tinggi Diprediksi hingga Maret 2018, Waspada Banjir Masih Mengintai

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 20 Januari 2018 - 13:32 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandar Udara H Asan Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) memprediksi hujan deras masih akan berlangsung hingga Maret 2018 mendatang. 

"Untuk intensitas hujan di Kotim masih cukup tinggi hingga Maret 2018 mendatang. Kemungkinan besar akan mulai berkurang pada Mei 2018," kata Kepala BMKG Bandara H Asan Sampit Nur Setiawan.

Terkait itu, potensi banjir masih rawan terjadi di daerah ini. Sehingga hal itulah yang harus diantisipasi dan diwaspadai. 

Dia juga menjelaskan, Februari hingga Maret akan mengalami peningkatan intensitas hujan yang berpotensi membuat banjir. Berdasarkan peta rawan bencana, daerah rawan banjir di antaranya Kecamatan Kotabesi, Parenggean, Bukit Santuai dan wilayah utara lainnya. 

"Ada beberapa kecamatan yang berpotensi dilanda banjir, dan hal itu akan terjadi jika curah hujan makin tinggi," terang Setiawan. 

Untuk curah hujan sendiri pada Januari diperkirakan berkisar 200 hingga 300 milimeter. Dan curah hujan akan kembali meningkat pada Maret, bahkan cukup tinggi hingga diprediksi berkisar 300 hingga 400 milimeter. Sehingga hal itu rawan menyebabkan banjir. 

"Curah hujan baru akan berkurang pada Mei 2018 mendatang, namun mudah-mudahan saja pada April atau Maret sudah mulai berkurang drastis," terang Setiawan. (MUHAMMAD HAMIM/B-11) 

Berita Terbaru