Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Mamuju Tengah Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sejumlah Wilayah di Pelosok Kotim Belum Memiliki Bidan dan Perawat

  • Oleh Naco
  • 21 Januari 2018 - 14:00 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Sejumlah wilayah di pelosok Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) belum memiliki bidan dan perawat. Padahal, keberadaan dua tenaga medis itu sangat penting.

"Kami mengharapkan kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Kotim untuk menempatkan perawat dan bidan di tiap desa sehingga jika ada warga yang sakit atau melahirkan mereka tidak kesulitan," kata Anggota Komisi III DPRD Kotim, H Abdul Sahid, Minggu (21/1/2018).

Seperti yang ia contohkan di Desa Baampah, Kecamatan Mentaya Hulu, Kabupaten Kotim, tenaga kesehatan di sana sudah tidak ada karena pindah, mengingat sulitnya akses ke sana. Inilah seharusnya yang menjadi perhatian Dinas Kesehatan bagaimana tenaga medis di sana bisa betah melaksanakan tugasnya.

"Sangat bahaya sekali jika tidak ada tenaga medis, karena tidak mungkin setiap sakit masyarakat harus ke ibu kota kecamatan, sementara kondisi medan sangat sulit, seperti warga yang ingin melahirkan," ucapnya.

Anggota DPRD dari daerah pemilihan V ini meminta setiap desa ada tenaga medis. Bahkan ia sepakat, tenaga medis yang ditempatkan itu berasal dari warga lokal setempat agar mereka bisa betah dalam bertugas, karena permasalahan yang dihadapi selama ini jarang petugas medis yang betah bertugas di sana.

Masyarakat tentunya membutuhkan pelayanan kesehatan itu setiap saat, harus ada upaya yang dilakukan dinas tekns bagaimana mereka yang ditugaskan bisa betah. Karena terkadang sulitnya akses ke daerah atau desa menjadi keluhan petugas medis sehingga tidak jarang baru setahun bertugas mereka sudah minta pindah. (NACO/B-2)

Berita Terbaru