Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kab. Kotabaru Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Benang Layang-layang Sebabkan Listrik di Pangkalan Bun dan Kumai Padam

  • Oleh Hardi Sarjito
  • 21 Januari 2018 - 16:40 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Listrik di wilayah Pangkalan Bun dan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat, Minggu (21/1/2017) pagi mendadak padam. Ternyata menurut pihak PLN, pemadaman terjadi karena benang layang-layang dan cuaca.

Analis Kinerja PLN Rayon Pangkalan Bun Suprapto menyebut, lokasi kabel yang terkena layang-layang di Jalan Belimbing sampai Candi Kumai. Menurutnya, ada indikasi kabel jaringan interkoneksi dari PLTU Kumai terburai akibat dari benang layang-layang.

"Untuk wilayah Sungai Rangit, Pangkalan Banteng, dan wilayah Seruyan tetap hidup karena menggunakan Operasi Isolated," terang Suprapto, Minggu (21/1/2018).

Benang yang tersangkut di kabel listrik sudah diamankan oleh petugas PLN setempat. Listrik mulai hidup di beberapa area Pangkalan Bun dan Kumai sekitar pukul 14.00 WIB.

Ia menjelaskan, ada beberapa faktor penyebab pemadaman mulai dari faktor cuaca yang paling utama serta faktor tak terduga seperti benang layang-layang.

Kalau untuk pemadaman bergilir dilakukan untuk pemeliharaan dan biasanya berjadwal. Sehingga untuk hari ini adalah faktor tak terduga yang menyebabkan kabel jaringan interkoneksi dari PLTU Kumai sampai ke PLN Rayon Pangkalan Bun terganggu. (HARDI SARJITO/B-2)

Berita Terbaru