Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tapanuli Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Terlepas Dari Induknya Dan Diburu Anjing, Warga Taringin Selamatkan Anak Orangutan

  • Oleh Budi Yulianto
  • 22 Januari 2018 - 13:06 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Warga Desa Taringin, Kabupaten Gunung Mas, menyelamatkan anak orangutan yang terlepas dari induknya, Minggu (21/1/2018).

Upaya penyelamatan dilakukan agar anak orangutan itu tidak diterkam anjing yang sebelumnya telah mengejar dan menggonggongnya.

Setelah diamankan, warga bernama Agus Susanto kemudian menghubungi Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalteng.

Selanjutnya, tim BKSDA bersama Borneo Orangutan Survival Foundation (BOSF) Nyaru Menteng bertolak ke Desa Taringin untuk menjemput anak orangutan itu lalu membawanya ke kantor BKSDA Kalteng di Jalan Yos Sudarso, Kota Palangka Raya.

Senin (22/1/2018), pihak BOSF menerima penyerahan orangutan itu untuk direhabilitasi. "Kemarin warga menyampaikan informasi bahwa akan menyerahkan orangutan. Setelah cek ke TKP, anak orangutan berjenis kelamin betina itu keluar dari semak karena dikejar anjing," kata Kepala BKSDA Kalteng Adib Gunawan.

"Untuk selanjutnya, kita serahkan ke BOSF Nyaru Menteng," tuturnya.

Sementara itu, Humas BOSF Nyaru Menteng Monterado Fridman mengatakan, anak orangutan ini mulanya bersama induknya masuk ke perkampungan daerah pembataan. Namun karena dikejar anjing, induknya lari sedangkan anak tertinggal. Karena khawatir diterkam anjing, warga menyelamatkan anak orangutan itu.

Anak orangutan itu rencananya  menjalani pemulihan kesehatan dan rehabilitasi sebelum kembali dilepasliarkan. (BUDI YULIANTO/B-3)

Berita Terbaru