Aplikasi Pilgub (Pemilihan Gubernur) Propinsi Kalimantan Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pasca Dirawat di RSUD Sultan Imanuddin, Kondisi Pasien Gizi Buruk mulai Membaik

  • Oleh Wahyu Krida
  • 22 Januari 2018 - 14:40 WIB

BORNEONEWS,Pangkalan Bun - Pasca dirawat di RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), kondisi Linda Lestari (10 tahun) warga RT 09 Nanga Bulik  pasien gizi buruk atau marasmus asal Kabupaten Lamandau sejak Kamis (18/1/2018) lalu sudah mulai membaik.

Kasi Rawat Inap RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun Aimandinata, Senin (22/1/2018) menjelaskan saat awal dirawat di RSUD Sultan Imanuddin, berat badannya hanya 9 Kg.

"Saat ini berat badannya sudah mulai meningkat menjadi sekitar 10 kg. Fokus penanganan pasien saat ini adalah penanganan infeksi dan peningkatan berat badan," jelas Aiman.

Aiman menjelaskan asupan makanan yang diberikan pada pasien tersebut.

"Karena tujuannya adalah peningkatan berat badan, maka pasien diberikan makanan yang tergolong Tinggi Kalori Tinggi Protein (TKTP). Contohnya daging dan nasi yang ektra. Selain itu diberikan diet ekstra susu yaitu 160 cc per 3 jam,. Selain itu infeksi yang diderita pasien juga saat ini sudah mulai berkurang" jelas Aiman.

Menurutnya, dari segi berat badan, pasien tersebut memang sangat jauh dari standar.

"Bila ditinjau dari segi usia berat badan anak usia 10 tahun sekitar 28 kg. Perhitungannya usia x 2 + 8," jelas Aiman.

Saat ditanyakan sampai kapan pasien tersebut bakal dirawat di RSUD, ia menjelaskan hal tersebut sebenarnya adalah kewenangan dokter yang merawat.

"Namun perkiraan kami, bila pasien tersebut sudah mulai ada tren peningkatan berat badan, minimal sekitar 3 kg. Kemudian pola makan pasien sudah baik, maka bisa diterapkan rawat jalan bagi pasien ini," jelasnya.

Namun Aiman tidak bersedia menjelaskan mengenai faktor penyebab infeksi yang diderita pasien.

"Karena faktor penyebab tersebut tidak boleh disampaikan pada publik. Halnini terkait kode etik kami," jelas Aiman. (WAHYU KRIDA/B-5)

Berita Terbaru