Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pulau Taliabu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Komisi B DPRD Magetan Jajaki Kerja Sama dengan Katingan Soal Rotan

  • Oleh Abdul Gofur
  • 22 Januari 2018 - 15:30 WIB

BORNEONEWS, Kasongan- Jajaran Komisi B DPRD Kabupaten Magetan, Provinsi Jawa Timur, tertarik dengan hasil bumi Kabupaten Katingan, terutama jenis rotan.

Karena itulah mereka melakukan studi banding di Pemkab Katingan, Senin (22/1/2018).

Ketua Komisi B DPRD Kabupaten Magetan Suratman mengatakan, tanaman rotan di Kabupaten Katingan tergolong melimpah. Sehingga ke depan rotan mentah asal Katingan bisa dikirim ke Magetan untuk diolah menjadi berbagai kerajinan.

"Ada beberapa potensi yang bisa dijadikan kerjasama antara Kabupaten Katingan dan Kabupaten Magetan nantinya, salah satunya soal rotan," ujar Suratman.

Menurut dia, pihaknya siap mendorong Pemkab Magetan agar membuka kran bagi Kabupaten Katingan untuk pemasaran rotan.

Suratman mengaku, selain bertani, tidak jarang warga Magetan berprofesi sebagai perajin berbagai produk.

"Cukup banyak juga yang menjadi perajin rotan. Makanya kami ingin ke depan Pemerintah Magetan dan Pemerintah Katingan ini bisa ada kerjasamanya soal rotan ini," katanya.

Suratman menuturkan, jika di daerahnya harga bahan baku rotan dinilai cukup mahal, sedangkan di Kabupaten Katingan dihargai murah.

"Yang jelas kita butuh bahan baku rotan itu. Sementara ini di Katingan produksinya cukup melimpah. Ini menjadi salah satu alasan kami kunjungan kerja ke sini. Sehingga setelah studi banding ini bisa menjadi masukan buat Pemkab Magetan," ucap Suratman.(ABDUL GOFUR/B-3)


TAGS:

Berita Terbaru