Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Serdang Bedagai Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BKSDA Segera Pasang Papan Peringatan Buaya di Sungai Sebangau

  • Oleh Budi Yulianto
  • 22 Januari 2018 - 16:16 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kabar soal buaya yang menerkam warga hingga tewas di muara Sungai Sebangau, Kabupaten Pulang Pisau, Sabtu (20/1/2018), menjadi perhatian Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Kalteng.

Kepala BKSDA Kalteng Adib Gunawan mengatakan, demi menghindari kejadian serupa pihaknya berencana memasang papan peringatan di setiap muara yang dianggap ada buayanya.

"Kita nanti akan memasang papan plang peringatan. Mengenai lokasi penempatannya, kita akan koordinasi dengan pemkab setempat," katanya, Senin (22/1/2018).

Adib Gunawan mengimbau masyarakat untuk lebih waspada menyikapi musibah ini. "Intinya kami mengimbau untuk lebih waspada. Sehingga kejadian seperti itu tidak terjadi lagi," tuturnya.

Seperti diberitakan, seorang warga RT 02, RW 01, Desa Sebangau Jaya, Kecamatan Katingan Kuala, Kabupaten Katingan, bernama Aman, 30, bin Nanal, tewas setelah diterkam buaya di muara Sungai Sebangau.

Mulanya korban bersama dua temannya, Yani, 40, dan Ari, 18, mencari udang dengan memasang alat perangka jenis jaring hampang. Mereka memasangnya dengan cara masuk ke dalam air di anak sungai yang terletak di Sungai Sebangau Besar, wilayah Kabupaten Pulang Pisau.

Saat itu korban bersama Yani dan Ari masuk ke dalam air. Namun beberapa menit berselang,  Aman tidak juga muncul kepermukaan. Sempat dilakukan pencarian tapi tidak membuahkan hasil.

Yani dan Ari lantas meminta bantuan masyarakat untuk mencari Aman. Saat menyisir anak Sungai Sebangau, warga menemukan seekor buaya muara sedang berjemur di tepi sungai dengan posisi mulut memakan korban, Aman. (BUDI YULIANTO/B-3)


TAGS:

Berita Terbaru