Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Manokwari Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Waspada! Dua Hari Ke Depan Cuaca Ekstrem Diprediksi Landa Kotim

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 22 Januari 2018 - 19:42 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandar Udara H Asan Sampit memprediksi dua hari ke depan cuaca ekstrem bakal melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim). 

Hal tersebut mengemuka dalam rapat koordinasi status bencana banjir Senin (22/1/2018). Diungkapkan, sejak akhir Januari hingga awal Februari ada kemungkinan peningkatan curah hujan di Kotim ini.  

"Dari pantauan kami, hingga 24 Januari 2018 ini masih ada potensi hujan deras disertai angin kencang," kata Kepala BMKG Bandara H Asan Sampit Nur Setiawan.

Curah hujan tinggi tersebut tidak hanya akan terjadi dua hari ke depan. Melainkan hingga Maret 2018 mendatang. Sehingga dengan adanya hal itu makan di Kotim masih berpotensi akan terjadi banjir, sehingga pemerintah daerah harus waspada akan potensi tersebut. 

"Untuk itu harus diwaspadai, karena dengan meningkatnya curah hujan yang disertai air pasang akan berdampak pada terjadinya banjir di sejumlah daerah," lanjut Setiawan. 

Adapun curah hujan tinggi yakni berkisar antara 200 hingga 300 milimeter diprediksi terjadi di Kecamatan Antang Kalang, Baamang, Bukit Santuai, Cempaga, Cempaga Hulu, Mentawa Baru Ketapang, Mentaya Hilir Selatan, Mentaya Hilir Utara, Pulau Hanaut, Seranau,  Teluk Sampit. Sedangkan di Kecamatan Kota Besi, Mentaya Hulu, Parenggean, dan Telawang yakni 150 sampai 200 milimeter. 

Prediksi BMKG tersebut juga menjadi salah satu faktor bahwa pemerintah daerah menaikkan status siaga banjir menjadi tanggap darurat bencana banjir. (MUHAMMAD HAMIM/B-11) 

Berita Terbaru