Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pasangan Kornelis - Suryadi Paling Banyak Serahkan Perbaikan Dukungan ke KPU Katingan

  • Oleh Abdul Gofur
  • 22 Januari 2018 - 20:12 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - KPU Kabupaten Katingan telah menerima perbaikan syarat calon dari tujuh bakal calon bupati dan wakil bupati Pilkada Serentak 2018. Dari tujuh pasangan ini, empat pasang diusung partai politik, semenntara tiga pasangan dari jalur perseorangan.

Empat calon yang diusung parpol itu, yakni Surya - Winda Natalia yang diusung Golkar dan Nasdem. Kemudian Ade Supriyadi - Ali Sameon Anom diusung PAN, Demokrat dan Hanura, pasangan Wiwin Susanto - Elman D Dangan diusung Gerindra dan PKB, serta pasangan Sakariyas-Sunardi Litang diusung PDI Perjuangan.

Sementara tiga pasangan bakal calon dari jalur perseorangan, yakni Fahmi Fauzi - Maspek J Garang, kemudian Kornelis - Suryadi dan pasangan Nikodemus - Muliyadi.

"Kami sudah menerima perbaikan syarat calon dari tujuh paslon. Namun untuk perseorangan disamping persaratan calon, mereka juga menyerahkan perbaikan dukungan," kata Ketua KPU Kabupaten Katingan, Sapta Tjita, Senin (22/1/2018).

Dari tiga balon perseorangan itu, kata Sapta Tjita, pasangan Kornelis - Suryadi paling banyak menyerahkan perbaikan dukungan berupa fotokopi KTP.

Sapta mengatakan syarat dukungan minimal yang ditetapkan KPU bagi calon perseorangan itu sebanyak 12.329 fotokopi KTP elektronik. Di masa pendaftaran, Kornelis - Suryadi setelah dilakukan verifikasi faktual hanya memiliki dukungan 5.817 lembar KTP.

Sehingga ada kekurangan sejumlah 6.512 KTP. Namun saat di hari terakhir perbaikan sarat dukungan itu pasangan Kornelis - Suryadi menyerahkan lagi sebanyak 19.202 lembar foto kopi KTP.

Sementara, pasangan Fahmi Fauzi-Maspek J Garang di hari terakhir masa perbaikan menyerahkan 11.112 lembar KTP. Sebab sebelumnya dukungan KTP pasangan ini hanya 7.391 atau kurang 4.938 uah. 

Sedangkan pasangan Nikodemus menyerahkan lagi foto KTP di hari terakhir masa perbaikan itu sebanyak 10.022, sebab dukungan sebelumnya 8.248.

"Yang jelas untuk tiga paslon dukungan perbaikan memenuhi syarat untuk diverifikasi lebih lanjut. Dan jika kurang, mereka tidak akan dilanjutkan lagi mengikuti verifikasi alias dianggap gugur," pungkas Sapta Tjita. (ABDUL GOFUR/B-11)

Berita Terbaru