Aplikasi Pilgub (Pemilihan Gubernur) Propinsi Kalimantan Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Cara Instan Miliki Kebun Sendiri

  • Oleh Testi Priscilla
  • 23 Januari 2018 - 16:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Di era yang serba cepat saat ini, tidak semua orang memiliki ketekunan untuk memiliki kebun dari awal. Namun melihat pelataran rumah yang gersang juga kurang nyaman.

Untuk mulai berkebun dari awal menyemai bibit tanaman juga memakan waktu yang cukup lama. Tapi saat ini di Palangka Raya bisa saja memiliki kebun secara instan melalui Bapak Hasan.

Bapak Hasan, demikian sapaan akrabnya, pria berkulit sawo matang ini memiliki sebuah lahan pertanian di Jalan Tenggiri, Tingang, Kota Palangka Raya.

Namun dengan cara yang baru, Bapak Hasan tidak bertindak seperti petani pada umumnya yang menjual hasil perkebunan dalam bentuk sudah dipetik dan dijual dalam jumlah kiloan.

Bapak Hasan lebih memilih menjual cabai dalam polybag lengkap dengan batang cabai yang sedang menghasilkan buah.

"Kalau mau kebun langsung jadi kan gampang karena saya sedia tanaman yang bahkan siap panen. Ada cabai, tomat, daun sop, daun bawang, terong. Semua di dalam polybag, begitu di rumah bisa langsung dipindahkan ke tanah pekarangan. Langsung akan ada kebun di sekitar rumah dengan cabai yang sedang berbuah dan sayuran yang siap panen," jelas Bapak Hasan, Selasa (23/1/2018).

Bapak Hasan memang menjual tanaman jadi. Selain aneka sayuran, aneka bunga juga dia sediakan. Tanaman yang ia jual tentu sudah bersama polybag dan tanah subur yang tinggal dipindahkan ke kebun sekitar rumah setelah dibeli.

"Kalau buah-buahan saya cuma sedia pepaya. Tapi hanya berupa bibit siap tanam bukan seperti cabai yang sudah berbuah atau terong dan tomat. Jadi harus ditanam dan menunggu agak lama," jelasnya. (TESTI PRISCILLA/B-2)

Berita Terbaru