Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bengkulu Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Astaga, Ada 72 Areal di Barsel Terbangun dalam Kawasan Hutan

  • Oleh Uriutu
  • 23 Januari 2018 - 17:00 WIB

BORNEONEWS, Buntok – Sedikitnya 72 areal di Barito Selatan (Barsel) terbangun dalam kawasan hutan. Hal tersebut diungkapkan asisten III Setda Barsel, Endang Chandra Mulya saat sosialisasi inventarisasi dan verifikasi penyelesaian penguasaan tanah dalam kawasan hutan atau Tanah Objek Reforma Agraria (Tora).

“Untuk Barsel sendiri telah terindentifikasi dengan sistem geospasial dasar dan tematik terdapat 72 areal terbangun berada dalam kawasan hutan,” kata Endang Chandra Mulya kepada Borneonews, Selasa (23/1/2018).

Dengan rincian, lanjut dia, sebanyak 67 desa pemukiman, dua dusun dan tiga kelurahan yang masuk dalam kawasan hutan. Dengan potensi yang di dalamnya antara lain tapak rumah atau pemukiman masyarakat.

Serta, lahan pertanian pangan berkelanjutan, kebun rakyat dan lahan budidaya sumber daya perairan dan peternakan, serta sejumlah infrastruktur fasilitas umum (fasum) dan fasilitas sosial (fasos).

Menurutnya, kegiatan ini sangat penting bagi daerah, khususnya masyarakat Barito Selatan agar bisa lepas atau keluar dari kawasan hutan.

“Serta kepastian hukum terhadap lahan okupasi di desa dan pedalaman bahkan daerah sulit dijangkau yang secara status berada dalam kawasan hutan bisa tuntas direalisasikan,” ucap dia.

Ia pun mengimbau kepada Satuan Organisasi perangkat Daerah (SOPD) yang terlibat dalam tim pelaksana dan tim teknis terkait kegiatan Tora dapat bekerjasama dengan baik dalam sinkronisasi dan validasi data/informasi yang dibutuhkan.

Hal tersebut agar terwujud pembangunan dan kesejahteraan masyarakat di bumi berjuluk Dahanai Dahanai Tuntung Tulus. (URIUTU DJAPER/B-2)


TAGS:

Berita Terbaru