Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Ogan Komering Hulu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tingkat Keberhasilan Pertanian Bawang Merah di Barito Utara Capai 80 Persen 

  • Oleh Ramadani
  • 24 Januari 2018 - 01:00 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Dinas Pertanian Kabupaten Barito Utara melakukan terobosan dalam pengembangan sektor pertanian. Salah satunya, mengembangkan pertanian bawang merah di beberapa desa. Adapun tingkat keberhasilan pertanian bawang merah ini mencapai 80 persen. 

Kabid Pertanian Dinas Pertanian Barito Utara, Jhon Sandi mengatakan, dari total bibit bawang merah yang dibagikan ke kelompok tani, tingkat keberhasilanya mencapai 80 persen yakni 1 berbanding 6.

”Adapun bibit bawang merah untuk 50 hektare lahan yang dibagikan kepada kelompok tani tersebut di antaranya di Desa Mampuak 1, Desa Batu Raya, 52-53, Bayas dan lainya,” kata Jhon, Selasa (23/1/2018).

Dia mengatakan, semua kelompok tani saat ini sudah melakukan pemanenan, dan hasilnya cukup memuaskan.

"Memang dari bibit yang kita  tanam tidak semuanya  berhasil. Ada sekitar 20 % bibit yang masih belum maksimal," kata Jhon.

Adapun faktor yang penyebab kurang maksimalnya  bibit yang ditanam, yakni curah hujan tinggi, hingga air tergenang dan merusakan tanaman bawang merah.

Untuk mengantisipasi ke depannya, diminta kelompok tani agar meninggikan gundukan tanah untuk tanaman bawang, agar tidak tergenang air. (RAMAHDANI/B-11)

Berita Terbaru