Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Ogan Ilir Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Saran Abah Hasan Jika ingin Membeli Tanaman

  • Oleh Testi Priscilla
  • 24 Januari 2018 - 00:42 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Abah Hasan yang menyediakan tanaman siap panen di Palangka Raya punya beberapa saran sebelum pelanggan membeli tanamannya. Terutama untuk tanaman cabai yang saat dibeli pasti sedang berbuah bahkan sudah banyak yang masak.

Jika ingin mempertahankan pohon cabai ini hingga panen berkali-kali Bapa Hasan menyarankan agar si pembeli merawat tanamannya yang sudah dibeli.

"Hanya tinggal melalukan penyiraman untuk merawat cabai ini. Tanaman cabai ini sebaiknya disiram sekurang-kurangnya tiga hari sekali. Tapi kalau musim kemarau, siram tiap hari saja," tambahnya.

Selain itu menurutnya, ada yang disebut dengan "Pengajiran". Ajir ini berguna untuk menopang tanaman agar berdiri tegak.

"Kalau yang kami jual sudah kami berikan ajir kayu. Setelah tanaman cabai tumbuh sekitar 20 cm maka kami berikan ajir bambu. Kalau nanti setelah beli lalu mau dipindahkan ke tanah, sekalian dipindah dengan ajirnya juga," jelasnya.

Untuk hama dan penyakit, penggunaan pestisida sebaiknya hanya dilakukan apabila tanaman terlihat terserang hama atau sakit. Apabila terlihat ada hama putih semprot dengan pestida, bila terlihat ada bakal ulat semprot dengan insektisida secukupnya, kalau terlihat jamur gunakan fungisida. (TESTI PRISCILLA/B-11)

Berita Terbaru