Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Halmahera Barat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Katingan Dilaporkan ke Panwaslih Karena Dua Hal Ini

  • Oleh Abdul Gofur
  • 24 Januari 2018 - 08:10 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Bupati Katingan Sakariyas dilaporkan ke pihak Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) oleh pengacara Bambang Sakti yang mengaku sebagai kuasa hukum enam warga dari enam wilayah kecamatan di Kabupaten Katingan, Selasa (23/1/2018) sore.

Kepada awak media usai resmi melaporkan Bupati Sakariyas di Kantor Sekretariat Panwaslih Katingan Jalan Komplek Perkantoran Pemda Katingan, Bambang Sakti menuturkan kalau pihaknya melaporkan dua hal.

"Ada dua poin, pertama masalah pelantikan pejabat di Katingan akhir tahun 2017 lalu. Karena peraturannya sangat jelas, seorang pejabat atau bupati boleh melantik baik kepala dinas maupun pejabat di tingkat bawahnya, itu dia harus 6 bulan dulu menjabat, bupati kita petahana yang ada ini kan kurang lebih 4 bulan baru jadi bupati setelah dilantik, itu sangat jelas dasar pertama," ucap Bambang Sakti.

Laporan kedua lainnya, tutur Bambang jika pihaknya melaporkan ada pelanggaran terkait bantuan sosial (Bansos).

Bansos ini dilakukan di dua wilayah kecamatan yang mereka temukan yang jumlah penduduknya signifikan. Yaiu Kecamatan Katingan Hilir sebanyak 35 ribu lebih dan Kecamatan Katingan Tengah lebih dari 23 ribu.

"Dan yang kita temukan di sana telah terjadi bantuan yang dilakukan calon petahana, yaitu berupa sumbangan mobil ambulan dan pembangunan sarana ibadah atau pastory," ungkap Bambang.

Dengan demikian, Bambang Sakti berharap Panwaslih Katingan bisa menyikapi dengan baik berdasarkan bukti awal yang mereka sampaikan.

"Kenapa alasan Bansos ini dipermasalahkan. Undang-undang jelas kalau petahana gak boleh dalam ruang lingkup 6 bulan sebelum jadi calon, itu tidak boleh melakukan kegiatan demikian, karena sudah menyangkut pelanggaran undang-undang. Apalagi petahana kita baru jadi bupati empat bulan lebih," tegas Bambang Sakti. (ABDUL GOFUR/B-5)

Berita Terbaru