Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Karimun Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

KIA Miliki Banyak Manfaat Bagi Anak

  • Oleh Norhasanah
  • 24 Januari 2018 - 12:00 WIB

BORNEONEWS, Sukamara- Kepala Dinas Kepedudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sukamara Gusti Usman Effendi menjelaskan bahwa Kartu Identitas Anak (KIA) memiliki banyak manfaat. Salah satunya sebagai pengakuan sah orang tua terhadap anak.

"Banyak manfaat didapat dari KIA, di antaranya sebagai pengakuan sah seorang anak dari orang tua," ungkap Gusti Usman Effendi, Rabu (24/1/2018).

Menurut Gusti, KIA juga akan melindungi hak anak. Seperti pembagian warisan dan hal lainnya. Mengingat KIA merupakan identitas resmi bagi anak berusia kurang dari 17 tahun dan belum menikah yang diterbitkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

"Untuk meningkatkan partisipasi pembuat KIA, kami sudah melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Selain itu, kita juga berkoordinasi dengan sekolah-sekolah yang ada agar peserta didik mempunyai KIA," ujarnya.

Dikatakannya, KIA saat ini bukanlah menjadi salah satu syarat untuk anak bisa masuk sekolah. Namun, sebaiknya anak yang berusia 0-5 tahun dan 5-17 tahun telah memiliki KIA.

"Perbedaannya adalah untuk KIA 0-5 tahun tanpa menggunakan foto, sedangkan KIA usia 5-17 tahun kurang satu hari menggunakan foto," sebut Gusti Usman Effendi. (NORHASANAH/B-3)

Berita Terbaru