Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Minahasa Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Astaga, Desa Dekat Kota Sampit pun Ternyata Belum Ada Jaringan Listrik dan Internet

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 24 Januari 2018 - 14:50 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Ternyata ketertinggalan tidak hanya terjadi di pedalaman di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) saja, namun desa dekat kota Sampit pun ada yang belum teraliri jaringan listrik dan internet. 

Daerah tersebut yakni Desa Tanah Putih, Kecamatan Telawang, Kotim. Dimana untuk letaknya tidak terlalu jauh dari perkotaan hanya sekitar satu jam saja atau berjarak 50 km. 

"Hingga kini warga kami masih menggunakan mesin generator set, dan itu sudah berlangsung lama," ujar Kepala Desa Tanah Putih Yohandi, Rabu (24/1/2018). 

Dirinya mengatakan, pihaknya sudah berupaya untuk membantu masyarakat dalam mendapatkan aliran listrik dengan bekerjasama dengan pihak perkebunan. Namun tetap saja hasilnya diserahkan kepada pihak pemerintah daerah. 

Tidak hanya aliran listrik yang menjadi konsumsi sehari-hari tersebut saja yang tidak ada. Tetapi untuk jaringan internet juga masih belum bisa diakses di daerah ini. Hanya sinyak telepon genggam saja yang ada. 

"Iya, di sini juga tidak ada sinyal internet. Jadi telepon genggam hanya dipakai untuk telepon dan juga pesan teks saja," kata Yohadi. 

Dirinya menerangkan bahwa pohaknya sudah sering melakukan pengusulan terhadap pemerintah daerah saat berkunjung ke desa tersebut. Namun hingga saat ini belum juga terealisasi apa yang menjadi kebutuhan warga tersebut. 

Tidak hanya dua permasalahan tersebut saja, namun status kawasan desa ini hanya 10% bisa digunakan masyarakat. Sementara untuk 90% sisanya masuk kawasan Hutan Produksi (HP). Dampaknya, penyerapan dana desa setiap tahunnya hanya mampu 50 persen dari dana desa sekitar 1,4 miliar tersebut. 

Dengan adanya hal itu, dirinya mewakili wargamya berharap agar menjadi perhatian pemerintah daerah atas hal tersebut. Karena hal itu semua merupakan kebutuhan masyarakat di desa yang memiliki empat dusun tersebut. (MUHAMMAD HAMIM/B-5) 

Berita Terbaru