Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kolam Udang Galah Harus Dua Meter Lebih

  • Oleh Hardi Sarjito
  • 24 Januari 2018 - 17:06 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun -Bagi warga yang tertarik budidaya udang galah, kolam untuk memelihara udang tersebut harus berukuran dua meter atau lebih. Hal ini disampaikan oleh Kepala Bidang (Kabid) Pengelolaan Budidaya Ikan Dinas Kelautan dan Perikanan Hepy Kamis kepada Borneonews di kantornya, Rabu (24/1/2018).

"Kotawaringin Barat memang habitatnya udang galah, tapi kita kadang memiliki kendala seperti kolam udang yang terlalu dangkal diantaranya 1,2 meter dan 1,5 meter untuk yang di Kotawaringin Barat. Seharusnya yang benar itu dua meter atau lebih karena udang galah itu hidup di kedalaman enam meter di sungai," terang Hepy.

Ia menjelaskan untuk makanannya, cukup ikan dipotong dan dicincang kemudian dimasukan kedalam wadah makan udang tersebut. Kesalahan umum yang dilakukan pembudidaya yakni menyebar makanan di kolam. Padahal, hal itu akan menyebabkan penyakit karena udang belum tentu habis dalam memakan makanannya.

"Udang galah ini sebenarnya kanibal, hal itu disebabkan ukuran udang berbeda-beda seperti udang galah kecil dan besar mereka jangan di satukan dalam satu kolam. Karena yang besar akan memakan yang kecil akan tetapi itu tidak akan terjadi apabila udang sering diberi makan," ucapnya.

Hepy juga menjelaskan kalau mau membuat usaha udang galah merupakan hal yang tepat karena Kobar merupakan habitatnya. Jadi itu merupakan bisnis yang bagus bagi yang mau mencoba usaha tersebut.

Untuk pembuatan kolam untuk udang galah haruslah dekat dengan sungai karena untuk menghemat biaya saluran air itu sendiri. Selain itu untuk menguras air kolam pun mudah kalau dekat dengan sungai. (HARDI/B-8)

Berita Terbaru