Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sijunjung Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

PDAM Berencana Sediakan Air Bersih di Tamban Catur

  • Oleh Hamdi
  • 24 Januari 2018 - 18:26 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas-Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Kapuas berencana menyediakan air bersih bagi warga Kecamatan Tamban Catur, Kabupaten Kapuas.

Menurut Direktur PDAM Kabupaten Kapuas Widodo, ada dua pilihan yang bakal direalisasikan terkait penyambungan jaringan air bersih ini.

"Metode pertama yakni dengan pembuatan booster atau menggunakan metode keuda yakni dengan pembuatan kolam untuk menampung air hujan," kata Widodo kepada Borneonews di kantornya, Rabu (24/1/2018).

Jika dengan menggunakan metode booster, kata dia, maka akan dilakukan penyambungan pipa dari PDAM, dan pembuatan booster akan dilakukan di Kecamatan Tamban Catur.

"Sedangkan dengan metode pembuatan kolam untuk penampung air hujan, perlu penyediaan lahan. Jadi air itu akan disedot dari kolam penampung tersebut," katanya.

Menurut Widodo, pada musim kemarau, dengan metode penampungan air hujan tersebut, maka akan dilakukan penyedotan bukan di kolam penampungan itu lagi, akan tetapi penyedotan langsung dari sungai besar.

"Memang dengan menggubakan penampungan kolam lebih hemat biaya yang digunakan dibandingkan dengan pembuatan pipa, namun kita akan lebih meninjau lagi sedetainya melihat yang mana yang lebih cocok dan baik dari kedua metode ini," pungkasnya. (HAMDI/B-8)

Berita Terbaru